Apa Itu Sekuritas? Ini Pengertian, Jenis, Dan Cara Memilih Sekuritas Yang Baik

Kaum muslimin makin terjerumus dalam sistem ekonomi yang dipaksakan penjajah kafir, yakni sistem kapitalisme yang memang tidak mengenal halal-haram. Ini karena akar sistem kapitalisme adalah paham sekularisme yang menyingkirkan agama sebagai pengatur kehidupan publik, termasuk kehidupan ekonomi. Walhasil, seperti kata As-Salus, kaum muslimin akhirnya hidup dalam sistem ekonomi yang jauh dari Islam (ba’idan ‘an al-Islam), seperti sistem perbankan dan pasar modal (burshah al-awraq al-maliyah) (ibid., h. 464). Tulisan ini bertujuan menjelaskan fakta dan hukum seputar saham dan pasar modal dalam tinjauan fikih Islam.

Menjual beli saham

Terkait pertanyaan otoritas bursa apakah terdapat hubungan afiliasi antara figur publik dengan BRIS, Mulyatno memastikan tidak. Bursa Efek juga sudah menyurati PT Bank BRISyariah Tbk terkait keterlibatan influencer untuk mempromosikan saham perseroan. apakah mereka melakukan endorsement dengan figur publik untuk merekomendasikan saham perseroan. Speculative Stocks adalah saham yang digunakan dealer untuk berspekulasi.

Maka, jika dilihat dari segi ini, investasi saham hukumnya halal. Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa investasi saham berarti Anda membeli aset atas sebuah perusahan yang tentu saja membutuhkan modal untuk membelinya. Tetapi, Anda harus menyesuaikan modal yang akan Anda investasikan sesuai dengan keadaan finansial Anda. Jangan menggunakan dana untuk kebutuhan sehari-sehari Anda, sebaiknya gunakan dana yang tidak terpakai atau yang biasa disebut dengan uang dingin.

Jika tujuannya untuk investasi memiliki jangka waktu yang lebih lama (tergantung tujuan investasinya untuk berapa lama, bisa berbeda-beda). Ditambah lagi, pembayaran hendaknya dilakukan dengan cara kontan. Hal ini dikarenakan setiap surat saham perusahaan jenis ini seutuhnya masih mewakili sejumlah uang modal yang tersimpan, dan tidak mewakili aset perusahaan. Sehingga, bila diperjual-belikan lebih mahal atau lebih murah dari nilai nominal saham, berarti telah terjadi praktik tukar-menukar mata uang dengan cara yang tidak dibenarkan.

Mereka melakukan sedikit, tetapi dihitung, transaksi di pasar saham. Investasi ini memberikan pendapatan dividen reguler ke akun pialang tanpa aktivitas di pihak mereka. Supaya menghindari spekulasi, maka jual beli saham harus disertai informasi yang lengkap, harga yang mendasarkan pada realita kinerja perusahaan dan bukan informasi atau penawaran palsu.